Senin, 27 Februari 2012

Obyek Wisata Pantai Tanjung Papuma

Tanjung Papuma adalah sebuah tempat rekreasi alam gunung, hutan dan pantai di dalam satu bentang alam. Obyek wisata ini dikelola oleh Perusahaan Kehutanan Negara, Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Tanjung Papuma merupakan obyek wisata panorama alam pantai yang indah di pantai selatan Jember.   Keindahan wisata ini didukung oleh formasi pantai dengan hutan alam dikombinasikan dengan hutan yang dibudidayakan dan berbagai satwa liar.  Dengan areal seluas sekitar 25 Ha, kawasan wisata Tanjung Papuma kami memberi keleluasan dan kemudahan wisatawan untuk menikmati keindahan alam pantai dan hutan serta menciptakan kegiatan apapun.

Wana wisata Tanjung Papuma berlokasi sekitar 37 Km di sebelah selatan kota Jember, berada di desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu.  Wana wisata ini dapat dicapai melalui jalan darat baik dengan mobil maupun motor melalui jalan aspal yang sangat memadai.  Juga telah dibuka jalan aspal baru – yang merupakan jalan pintas yang lebih dekat menuju lokasi melalui jalan hutan – sepanjang sekitar 5 Km.  Disepanjang jalan tersebut terpampang pemandangan hutan tanaman jati yang menghijau dan terjaga dengan baik.

Selain pantainya, hutan yang terletak di sisi lainnya juga jadi daya tarik obyek wisata ini. Pantai dengan luas 25 hektare ini menyuguhkan banyak kelebihan. Sebut saja hamparan pasir putih dengan tanjung melingkar sepanjang 1,5 km, barisan bukit hijau dengan pepohonan yang rimbun mengelilingi pantai. Pantai Tanjung Papuma, merupakan satu dari 16 objek wisata unggulan yang dipromosikan oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Keindahan alam yang dimiliki Papuma masih asli, belum terkepung oleh banyak bangunan kokoh dari beton.  Keindahan alam Pantai Tanjung Papuma inilah yang berhasil menarik perhatian Pemprov Jatim, sehingga memenangkan Juara 1 Lomba Anugerah Wisata Jawa Timur 2007 Jenis Obyek Wisata Alam Paling Populer di Jawa Timur.

Bagi kalangan wisatawan lokal, Tanjung Papuma tak ubahnya sebuah ’surga’. Selain menyuguhkan berbagai panorama yang menyejukkan hati, daratan kecil yang menjorok ke laut di pantai selatan Jawa Timur ini juga menyimpan beragam flora dan fauna khas tropis. Siapa pun yang sempat mengunjungi pantai landai berpasir putih ini tak pernah bosan menikmatinya. Kondisi geografisnya yang stabil, bahkan telah menjadikan keelokan kawasan wisata dapat dinikmati dalam cuaca apa pun, baik di musim kemarau maupun ketika musim penghujan tiba.

Keunikan lain di Papuma, yakni adanya batu-batu Malikan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian khas seperti musik bila terkena ombak. Batu Malikan merupakan karang-karang pipih yang mirip seperti sebuah kerang besar yang menjadi dasar sebuah batu karang besar, yang letaknya tak jauh dari tepi pantai. Ada tujuh batu karang besar di pantai itu. Tujuh batu karang disebut sebagai pulau kecil oleh warga setempat. Enam dari tujuh pulau itu memiliki nama yang sesuai dengan bentuknya.

Selain menyuguhkan keindahan alam dan deretan pulau-pulau kecil, hutan lindung yang berada di balik pantai ini juga dihuni oleh satwa liar, seperti rusa, lutung, kera ekor panjang, lutung kuning, biawak, ayam hutan, dan sebagainya. Hewan liar tersebut memang sengaja dibiarkan berkembang biak di hutan sekitar pantai Papuma. Biasanya, hewan-hewan tersebut akan muncul pagi atau menjelang malam hari.
Selain menawarkan obyek wisata pemandangan alam, Papuma juga menyediakan cottage dan pondok wisata, restoran dan warung-warung makan sederhana.

Selamat Datang di Tanjung Papuma Jember

Harga Tiket Masuk;
Harga Tiket Masuk Wana Wisata sangat murah dan terjangkau dan telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Administratur Perum Perhutani KPH Jember No.     /KPTS/II/JBR tanggal   Januari 2010.

~> Hari Biasa Rp.5000/orang
~> Hari Libur/Besar Rp.7000/orang

Parkir;
Tarif parkir kendaraan;
~> Sepeda Motor  Rp.1000
~> Mobil roda empat Rp. 2000
~> Mobil Roda enam Rp. 6000


Rute ke Lokasi;
1. ~> Dari Bali ~> Kab.Banyuwangi ~> Kab.Jember ~> Kec.Ambulu ~> Pantai Tanjung Papuma.
2. ~> Dari Surabaya ~> Kab.Lumajang ~> Kec. Kencong (jember) ~> Kec. Wuluhan ~> Kec. Ambulu ~> Pantai Tanjung Papuma

 Pondok Penginapan;
Wana Wisata Tanjung memiliki tidak kurang dari 25 pondok dan cottages yang dapat anda manfaatkan untuk bermalam dan menikmati keindahan alam di papuma.  Sebagian besar pondok dirancang untuk menyatu dengan alam sekitarnya yang alami hutan, pantai dan gunung.
Bahkan 7 cottages yang kami miliki, dibangun dengan konstruksi rumah panggung dari kayu yang lokasinya terpisah dari zona publik yang cocok bagi anda dan keluarga yang ingin mendapatkan suasana sepi dan private.

Berikut daftar pondok dan harga sewa masing-masing beserta fasilitas yang tersedia : 
1. Cottages, 7 unit, Rp.450.000, single bed, AC, Kulkas, TV, Hot Water, Welcome Drink, Breakfast, souvenir.
2. Pondok Rimba, 4 unit, Rp.200.000, single bed, AC, TV, Welcome Drink, Breakfast, souvenir 
3. Pondok Mahoni, 4 unit, Rp.200.000
4. Pondok Jati, Rp.350.000
5. Pondok kajang, Rp.150.000
6. Pondok Sengon Rp. 350.000
7. Pondok Jabon Rp. 350.000 

Untuk informasi dan reservasi booking, anda dapat menghubungi manajer pondok wisata kami : Sdr. Asro’i (HP. 081336930220).

2 komentar:

  1. Salam dari Batam, mohon update list harga sewa pondok pak..

    BalasHapus
  2. Untuk pecinta pantai, Pantai ini wajib masuk bucket list jika anda travel ke Jember. kata yang tepat untuk menyebut pantai ini adalah SPEKTAKULER. Dari sisi seorang penyuka fotografi landscape, pantai ini termasuk salah satu dari 3 pantai paling fotogenik di pulau jawa selain pantai klayar di pacitan dan pantai sawarna di banten.

    Banyak kegiatan yang dapat dilakukan disini, seperti menyewa perahu untuk berkeliling di area pasir putih, menikmati makanan hasil laut yang banyak tersebar di warung-warung disini. banyak tempat yang cukup instagrammable

    Travel Jember Malang

    BalasHapus